Senin, 16 Oktober 2017

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Ms. Word

Menentukan Judul dan Subjudul

Untuk membuat daftar isi secara otomatis, pertama kali yang harus kamu lakukan adalah menentukan terlebih dahulu mana yang jadi judul dan subjudul dari tulisan kamu. Caranya, blok teks yang akan dijadikan judul. Selanjutnya aplikasian style Heading 1.Adapun cara paling mudah mengaplikasikannya adalah sebagai berikut.
  • Pada Ms. Word 2003 dan versi sebelumnya. Pada menu Formatting klik Style box, kemudian pilih Heading 1.
  • Pada Ms. Word 2007, 2010, dan 2013. Di menu Home pada Grup style klik Heading 1.
Aplikasikan Heading 1 untuk judul utama dari setiap bab. Adapun untuk subjudul kamu bisa gunakan Heading 2, Heading 3, dan seterusnya. Jika kamu tidak menyukai warna, jenis atau ukuran font dari berbagai Heading tersebut, kamu bisa mengubahnya dengan mengklik menu “Modify” di setiap Heading tersebut.Membuat Daftar IsiJika sudah menentukan judul dan subjudul yang ingin kamu masukkan ke dalam daftar isi, sekarang saatnya kamu membuat daftar isi tersebut. Namun, terdapat beberapa perbedaan antara cara membuat daftar isi di Microsoft Word 2003 ke bawah dengan cara membuat daftar isi di Microsoft Word 2007 ke atas.Cara Membuat Daftar Isi di Ms. Word 2003 ke Bawah1.   Klik pada area kosong di mana kamu ingin meletakkan daftar isi.
2.   Tampilkan jendela Table of Contens. Caranya adalah dengan membuka menu Insert -> Reference -> Index and Tables (Word 2002 dan 2003) atau Insert – Index and Tables (Word 2000).
3.   Klik pada tab Table of Contents, selanjutnya klik OK
 Cara Membuat Daftar Isi di Ms. Word 2007, 2010, dan 2013
1.   Buka References > Table of Contents.
2.   Kemudian pilih opsi pertama dan kedua yang ada di dalam menu Table of Contents. Kedua opsi ini akan membuat daftar isi secara otomatis berdasarkan judul dan sub judul yang sudah kamu buat sebelumnya.
3.   Jika kamu ingin membuat daftar isi secara manual, maka kamu bisa memilih opsi nomor 3. Namun opsi ini sangat tidak dianjurkan karena akan memakan banyak waktu. Selain itu pekerjaan kamu sebelumnya saat menentukan judul dan subjudul akan menjadi sia-sia.
4.   Selain dua pilihan tersebut, kamu juga bisa memilih opsi “Custom Table of Contents” di bawahnya untuk membuat daftar isis sesuai keinginan kamu.
Jika sudah melakukan langkah-langkah di atas, maka sekarang sebuah daftar isi akan muncul di dokumen kamu. Daftar isi ini akan menampilkan judul serta subjudul yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Namun jika kurang puas dengan tampilan serta bentuknya, kamu bisa merubahnya sesuai keinginan kamu.Jika kamu kurang menyukai tampilan judul serta subjudul pada daftar isi sebelumnya. Seperti tampilan ukuran dan jenis huruf, jaraknya, warnanya, dan yang lainnya. Maka kamu bisa merubahnya dengan cara merubah Heading seperti yang sudah dibahas pada bagian pertama.Perlu kamu perhatikan, jangan menggunakan opsi Format -> Font atau Format -> Paragraph karena bisa merusak susunannya. Selain itu, jangan lakukan juga perubahan secara manual untuk mengubah bentuknya. Pastikan kamu selalu melakukan perubahan Header supaya tampilannya tetap konsisten.Selain mengubah tampilan judul serta subjudul, kamu juga dapat mengubah tampilan dari daftar isinya sendiri. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka jendela pengaturan Table of Contens. Adapun caranya adalah sebagai berikut.1.   Pada Ms. Word 2000: Klik daftar isi tersebut, selanjutnya buka Insert -> Table of Contents.
2.   Pada Ms. Word 2002 dan 2003: Klik daftar isi tersebut, kemudian buka Insert -> References -> Table of Contents.
3.   Pada Ms. Word 2007 ke atas: Klik daftar isi, lalu buka References -> Table of Contents -> Insert Table of Contents.
Jika jendela pengaturannya sudah terbuka, kamu bisa merubah beberapa elemen dari daftar isi tersebut. Opsi pertama yang bisa kamu rubah adalah merubah tingkatan judul. Secara default, Ms. Word akan menampilkan tiga tingkatan judul serta subjudul di daftar isi. Kamu bisa mengurangi atau menambahnya ssuai dengan tingkatan judul yang diperlukan dalam dokumen yang kamu tulis.Opsi selanjutnya adalah mengubah gaya atau style dari daftar isi tersebut. Secara default terdapat dua pilihan style yang bisa kamu gunakan. Akan tetapi, kamu juga bisa membuat style yang lain atau mendownloadnya melalui situs resmi Microsoft Office.
                 Tips dan Trik LainnnyaSetelah kamu mengikuti tutorial cara membuat daftar isi yang sudah kita bahas di atas, maka tentunya kamu sudah bisa membuat daftar isi yang baik dan benar. Supaya daftar isimu menjadi lebih sempurna, kita akan memberikan beberapa tips dan trik yang bisa kamu segera praktekkan.Update Daftar Isi

Daftar isi tidak akan melakukan update saat kamu menambahkan judul atau subjudul baru. Oleh karena itu, kamu harus mengupdatenya secara manual.Untuk caranya sendiri adalah dengan menaruh kursor di daftar isi kemudian tekan F9. Kamu juga bisa memperbaharui daftar isi tersebut dengan cara membuka References -> Update Table. Pasikan opsi yang dipilih selalu “Update entire table”.Bedakan dengan Teks LainnyaDaftar isi yang sudah kamu buat akan dianggap sebagai field serta bukan sebagai teks biasa. Untuk bisa membedakannya kamu bisa membuat field tersebut menjadi berwarna abu-abu. Nah, warna abu-abu ini tidak akan tercetak jika kamu mencetak dokumen tersebut dengan printer. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

1.Pada Ms. Word 2003 ke bawah: Buka Tools -> Options -> View, selanjutnya rubah opsi Field Shading menjadi “Always”

2.Pada Ms.Word 2007: Buka logo Office, kemudian pilih Word Options -> Advanced. Jika sudah pada bagian “show document content ” rubah Field Sharing menjadi “Always”.

3.Word 2010 ke atas , buka File – Options – Advanced. Kemudian pada bagian “show document content ” rubah Field Sharing menjadi “Always”.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar