Menentukan Judul dan Subjudul

Untuk membuat daftar isi
secara otomatis, pertama kali yang harus kamu lakukan adalah menentukan
terlebih dahulu mana yang jadi judul dan subjudul dari tulisan kamu. Caranya,
blok teks yang akan dijadikan judul. Selanjutnya aplikasian style Heading 1.Adapun cara paling mudah mengaplikasikannya adalah sebagai
berikut.
- Pada Ms. Word 2003 dan versi sebelumnya. Pada menu
Formatting klik Style box, kemudian pilih Heading 1.
- Pada Ms. Word 2007, 2010, dan 2013. Di menu Home
pada Grup style klik Heading 1.
Aplikasikan
Heading 1 untuk judul utama dari setiap bab. Adapun untuk subjudul kamu bisa
gunakan Heading 2, Heading 3, dan seterusnya. Jika kamu tidak menyukai warna,
jenis atau ukuran font dari berbagai Heading tersebut, kamu bisa mengubahnya
dengan mengklik menu “Modify” di setiap Heading tersebut.Membuat Daftar IsiJika
sudah menentukan judul dan subjudul yang ingin kamu masukkan ke dalam daftar
isi, sekarang saatnya kamu membuat daftar isi tersebut. Namun, terdapat
beberapa perbedaan antara cara membuat daftar isi di Microsoft Word 2003 ke
bawah dengan cara membuat daftar isi di Microsoft Word 2007 ke atas.Cara Membuat Daftar Isi di Ms. Word 2003 ke Bawah1.
Klik pada area kosong di mana kamu ingin meletakkan daftar isi.
2.
Tampilkan jendela Table of Contens. Caranya adalah dengan
membuka menu Insert -> Reference -> Index and Tables (Word 2002 dan 2003)
atau Insert – Index and Tables (Word 2000).
3.
Klik pada tab Table of Contents, selanjutnya klik OK
Cara Membuat Daftar Isi di Ms.
Word 2007, 2010, dan 2013
1.
Buka References > Table of Contents.
2.
Kemudian pilih opsi pertama dan kedua yang ada di dalam menu
Table of Contents. Kedua opsi ini akan membuat daftar isi secara otomatis
berdasarkan judul dan sub judul yang sudah kamu buat sebelumnya.
3.
Jika kamu ingin membuat daftar isi secara manual, maka kamu bisa
memilih opsi nomor 3. Namun opsi ini sangat tidak dianjurkan karena akan
memakan banyak waktu. Selain itu pekerjaan kamu sebelumnya saat menentukan
judul dan subjudul akan menjadi sia-sia.
4.
Selain dua pilihan tersebut, kamu juga bisa memilih opsi “Custom
Table of Contents” di bawahnya untuk membuat daftar isis sesuai keinginan kamu.
Jika sudah melakukan langkah-langkah di atas, maka sekarang
sebuah daftar isi akan muncul di dokumen kamu. Daftar isi ini akan menampilkan
judul serta subjudul yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Namun jika kurang
puas dengan tampilan serta bentuknya, kamu bisa merubahnya sesuai keinginan
kamu.Jika
kamu kurang menyukai tampilan judul serta subjudul pada daftar isi sebelumnya.
Seperti tampilan ukuran dan jenis huruf, jaraknya, warnanya, dan yang lainnya.
Maka kamu bisa merubahnya dengan cara merubah Heading seperti yang sudah
dibahas pada bagian pertama.Perlu kamu perhatikan,
jangan menggunakan opsi Format -> Font atau Format -> Paragraph karena
bisa merusak susunannya. Selain itu, jangan lakukan juga perubahan secara
manual untuk mengubah bentuknya. Pastikan kamu selalu melakukan perubahan Header
supaya tampilannya tetap konsisten.Selain mengubah
tampilan judul serta subjudul, kamu juga dapat mengubah tampilan dari daftar
isinya sendiri. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka
jendela pengaturan Table of Contens. Adapun caranya adalah sebagai berikut.1.
Pada Ms. Word 2000:
Klik daftar isi tersebut, selanjutnya buka Insert -> Table of Contents.
2.
Pada Ms. Word 2002 dan
2003: Klik daftar isi tersebut, kemudian buka Insert -> References ->
Table of Contents.
3.
Pada Ms. Word 2007 ke
atas: Klik daftar isi, lalu buka References -> Table of Contents ->
Insert Table of Contents.
Jika jendela pengaturannya sudah terbuka, kamu bisa merubah
beberapa elemen dari daftar isi tersebut. Opsi pertama yang bisa kamu
rubah adalah merubah tingkatan judul. Secara default, Ms. Word akan menampilkan
tiga tingkatan judul serta subjudul di daftar isi. Kamu bisa mengurangi atau
menambahnya ssuai dengan tingkatan judul yang diperlukan dalam dokumen yang
kamu tulis.Opsi selanjutnya adalah
mengubah gaya atau style dari daftar isi tersebut. Secara default terdapat dua
pilihan style yang bisa kamu gunakan. Akan tetapi, kamu juga bisa membuat style
yang lain atau mendownloadnya
melalui situs resmi Microsoft Office.
Tips dan
Trik LainnnyaSetelah
kamu mengikuti tutorial cara membuat daftar isi yang sudah kita bahas di atas,
maka tentunya kamu sudah bisa membuat daftar isi yang baik dan benar. Supaya
daftar isimu menjadi lebih sempurna, kita akan memberikan beberapa tips dan
trik yang bisa kamu segera praktekkan.Update Daftar Isi
Daftar
isi tidak akan melakukan update saat kamu menambahkan judul atau subjudul
baru. Oleh karena itu, kamu harus mengupdatenya secara manual.Untuk
caranya sendiri adalah dengan menaruh kursor di daftar isi kemudian tekan F9.
Kamu juga bisa memperbaharui daftar isi tersebut dengan cara membuka References
-> Update Table. Pasikan opsi yang dipilih selalu “Update entire table”.Bedakan dengan Teks LainnyaDaftar
isi yang sudah kamu buat akan dianggap sebagai field serta bukan sebagai teks
biasa. Untuk bisa membedakannya kamu bisa membuat field tersebut menjadi
berwarna abu-abu. Nah, warna abu-abu ini tidak akan tercetak jika kamu mencetak
dokumen tersebut dengan printer. Adapun caranya adalah sebagai berikut.
1.Pada Ms. Word 2003 ke bawah: Buka Tools -> Options ->
View, selanjutnya rubah opsi Field Shading menjadi “Always”
2.Pada Ms.Word 2007: Buka logo Office, kemudian pilih Word Options ->
Advanced. Jika sudah pada bagian “show document content ” rubah Field Sharing
menjadi “Always”.
3.Word 2010 ke atas , buka File – Options – Advanced. Kemudian pada bagian
“show document content ” rubah Field Sharing menjadi “Always”.
3.
Klik pada tab Table of Contents, selanjutnya klik OK
3.
Jika kamu ingin membuat daftar isi secara manual, maka kamu bisa
memilih opsi nomor 3. Namun opsi ini sangat tidak dianjurkan karena akan
memakan banyak waktu. Selain itu pekerjaan kamu sebelumnya saat menentukan
judul dan subjudul akan menjadi sia-sia.
Jika sudah melakukan langkah-langkah di atas, maka sekarang
sebuah daftar isi akan muncul di dokumen kamu. Daftar isi ini akan menampilkan
judul serta subjudul yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Namun jika kurang
puas dengan tampilan serta bentuknya, kamu bisa merubahnya sesuai keinginan
kamu.Jika
kamu kurang menyukai tampilan judul serta subjudul pada daftar isi sebelumnya.
Seperti tampilan ukuran dan jenis huruf, jaraknya, warnanya, dan yang lainnya.
Maka kamu bisa merubahnya dengan cara merubah Heading seperti yang sudah
dibahas pada bagian pertama.Perlu kamu perhatikan,
jangan menggunakan opsi Format -> Font atau Format -> Paragraph karena
bisa merusak susunannya. Selain itu, jangan lakukan juga perubahan secara
manual untuk mengubah bentuknya. Pastikan kamu selalu melakukan perubahan Header
supaya tampilannya tetap konsisten.Selain mengubah
tampilan judul serta subjudul, kamu juga dapat mengubah tampilan dari daftar
isinya sendiri. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka
jendela pengaturan Table of Contens. Adapun caranya adalah sebagai berikut.1.
Pada Ms. Word 2000:
Klik daftar isi tersebut, selanjutnya buka Insert -> Table of Contents.
3.
Pada Ms. Word 2007 ke
atas: Klik daftar isi, lalu buka References -> Table of Contents ->
Insert Table of Contents.
Jika jendela pengaturannya sudah terbuka, kamu bisa merubah
beberapa elemen dari daftar isi tersebut. Opsi pertama yang bisa kamu
rubah adalah merubah tingkatan judul. Secara default, Ms. Word akan menampilkan
tiga tingkatan judul serta subjudul di daftar isi. Kamu bisa mengurangi atau
menambahnya ssuai dengan tingkatan judul yang diperlukan dalam dokumen yang
kamu tulis.Opsi selanjutnya adalah
mengubah gaya atau style dari daftar isi tersebut. Secara default terdapat dua
pilihan style yang bisa kamu gunakan. Akan tetapi, kamu juga bisa membuat style
yang lain atau mendownloadnya
melalui situs resmi Microsoft Office.
Tips dan
Trik LainnnyaSetelah
kamu mengikuti tutorial cara membuat daftar isi yang sudah kita bahas di atas,
maka tentunya kamu sudah bisa membuat daftar isi yang baik dan benar. Supaya
daftar isimu menjadi lebih sempurna, kita akan memberikan beberapa tips dan
trik yang bisa kamu segera praktekkan.Update Daftar Isi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar